Kamis, 15 Desember 2011

Tips Merawat PC atau Laptop Anda

Performa sebuah komputer akan cenderung turun seiring tingkat penggunaan komputer itu sendiri. Diperlukan perawatan secara berkala agar komputer Anda berjalan lancar dan berfungsi seperti yang Anda harapkan. Saya sendiri biasanya melakukan perawatan sederhana sekali seminggu, tergantung tingkat pemakaian komputer saya sehingga sampai saat ini komputer saya masih berfungsi dengan baik. Berikut adalah panduan perawatan sederhana pada komputer dan saya yakin siapapun bisa melakukannya.

1. Hapus program-program yang sudah tidak terpakai

Suatu waktu, mungkin Anda pernah menginstal suatu program utility atau sebuah game di komputer Anda. Namun seiring waktu, Anda sudah tidak pernah menggunakannya lagi. Program-program yang sudah tidak terpakai ini akan membebani ruang hardisk dan juga bisa mempengaruhi kecepatan proses loading komputer Anda. Jika demikian hapus program-program tersebut dengan masuk ke Control Panel, kemudian klik Add or Remove Program. Pilih aplikasi-aplikasi yang akan dihapus, lalu Remove.

2. Bersihkan hardisk Anda dari File-file yang tidak dibutuhkan

Seringnya frekuensi instal dan uninstal di hardisk akan menyebabka adanya file-file sampah (junk files)yang bertumpuk di hardisk. Untuk bersihkanlah menggunakan tool CCleaner yang bisa Anda dapatkan di internet. Atau Anda juga bisa menggunakan tool bawaan Windows dengan masuk ke Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Cleanup

3. Menghapus registry-registry yang sudah invalid

Registry-registry yang sudah invalid perlu dibersihkan atau diperbaiki dengan menggunakan tool Registry Cleaner atau Registry Fixed agar komputer Anda berjalan lancar. Anda bisa mencari tool-tool pembersih atau memperbaiki registry di internet dengan bantuan mbah google

4. Mensetting kembali item-item startup

Coba lihat dipojok kanan layar komputer Anda. Disana terdapat ikon-ikon dari program-program yang di load pada saat startup komputer anda. Program-program ini akan memperlambat loading komputer saat startup ataupun saat shutdown. Anda bisa mensetting kembali program-program itu dengan mengklik dua kali pada ikon tersebut dan memilih untuk tidak dijalankan oleh windows. Pilihannya tentu sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Defrag Hardisk Anda

Karena seringnya pemakaian, file-file yang berada di dalam hardisk menjadi tidak beraturan dan cenderung tidak berada pada tracknya sehingga windows perlu waktu yang lama untuk mencarinya. Defrag akan mengatur kembali file-file di hardisk sehingga kembali pada posisinya. Caranya adalah tekan Start>Program>Accesories>System Tool>Disk Defragmenter

Itulah cara-cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk merawat dan memelihara performa komputer agar tetap berjalan lancar.( Image source: lsoc.org.uk)

4 komentar:

soal menghapus registry, lebih baik dilakukan dengan hati2 dan dijadikan pilihan terakhir kalau memang bener2 membutuhkannya.

pengalaman saya sih, kalau terlalu sering utak atik registry, bisa bikin OS jadi berantakan dan harus install ulang lagi.

@Kevin: Setuju Bung Kevin, jika tidak hati-hati bisa mengganggu kinerja OS.

mau domain gratis??
silahkan cek disini

kadang penyakit malas, kang, sehingga PC dibiarkan saja,..btw nice tips

Posting Komentar