Sabtu, 10 Desember 2011

Tips Memilih Printer yang Bagus untuk Anda

Sahabat JK, Apakah Anda pernah mengalami perangkat printer anda bermasalah atau rewel saat digunakan? Jika anda pernah mengalami ini, tentu sangat menyebalkan bukan?

Ketika kita memilih perangkat-perangkat IT untuk menunjang tugas ataupun pekerjaan profesional, kita biasanya memilih perangkat-perangkat terbaru. Misalnya saat memutuskan untuk membeli PC atau Laptop, kita cenderung memilih produk terbaru. Namun dalam membeli printer, seringkali kita tidak terlalu peduli apakah printer itu produk terbaru atau sudah ketinggalan jaman, padahal printer adalah satu perangkat yang penting untuk membantu pekerjaan kita. Jika anda seorang profesional dalam bidang bisnis percetakan, memiliki printer yang baik tentu bagian terpenting dalam perencanaan anda karena akan menentukan kualitas kerja dan mensukseskan bisnis Anda. Seorang mahasiswa, atau karyawan juga membutuhkan perangkat printer yang bagus, mampu menangani pekerjaan anda dengan baik dan yang terpenting tidak mudah bermasalah (rewel)karena jika printer rusak maka pekerjaan Anda pasti tidak bisa diselaikan tepat waktu.

"Lalu...Bagaimana cara memilih printer yang terbaik untuk kebutuhan kerja kita?"

Berikut ini adalah tips untuk memilih printer yang bagus untuk Anda:

1. Pilihlah printer sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda seorang pebisnis, mungkin anda akan membutuhkan printer dengan perangkat yang lengkap. Untuk itu pilihlah printer yang dilengkapi dengan mesin scanner, mesin fotokopi, atau juga mesi faks. Keberadaan mesin-mesin penunjang ini tentu akan sangat membantu pekerjaan Anda. Namun jika Anda seorang mahasiswa atau pengguna rumahan, cukuplah dengan menggunakan printer biasa-biasa saja karena jika menggunakan printer yang lengkap seperti di atas, tentu akan mubazir.

2. Periksa Spesifikasi

Jika sudah menentukan pilihan Anda, periksa spesifikasi dari printer yang akan anda beli. Pemeriksaan ini mencakup compatibelitas printer dengan OS yang anda pakai, misalnya OS Windows XP, Vista atau windows 7. Sesuaikan dengan OS yang sedang anda pakai. Terkadang ada orang yang membeli printer namun tidak disesuaikan dengan OS yang dia pakai sehingga waktu di instal tidak support dengan OS nya.

3. Tentukan pilihan fungsi-fungsi lainnya

Anda harus mencari spesifikasi lain yang mungkin penting untuk aplikasi tertentu printer untuk memastikan bahwa perangkat ini akan menjawab semua kebutuhan Anda. Salah satu cara yang berguna untuk membandingkan berbagai fungsi utama adalah membandingkan tiga model secara berdampingan, kemudian lihat kelebihan dan kekurangan masing-masing

Beberapa fungsi pencetakan yang mungkin bisa membuat perbedaan dalam penggunaan printer termasuk otomatis dupleks-pencetakan dua sisi; pembesaran atau pengecilan dari dokumen asli, dan resolusi-diukur dalam dpi atau dot-per-inci dari warna hitam atau dokumen berwarna yang dihasilkan oleh printer

4. Pemilihan Media

Jika Anda menjalankan pekerjaan cetak besar yang Anda tidak dapat selalu mengawasi, Anda harus memeriksa kapasitas baki kertas printer serta kecepatan yang proses, dinyatakan dalam halaman per menit. Pastikan printer cukup tangguh untuk melakukan pekerjaan Anda dengan memeriksa jumlah gambar per bulan yang telah dirancang untuk suatu proses.

Juga, jika Anda berencana untuk mencetak lebih dari sekedar kertas dan amplop, periksa apakah printer menerima media seperti spanduk, kartu ucapan, lembaran magnet, atau besi-pada lembar transfer. Dapatkah mesin fotokopi digunakan untuk ukuran folio kertas serta ukuran letter?

5. Pertimbangan lebih lanjut

Jangan mengabaikan beberapa isu yang masuk akal dalam membuat pilihan printer Anda. Jika Anda memiliki ruang terbatas dan memerlukan mesin dengan dimensi tertentu, pastikan mesin Anda berukuran tepat. Periksa jenis koneksi printer apakah memerlukan port-USB, USB berkecepatan tinggi, Ethernet, dll-untuk mencegah terjadinya masalah yang tidak diinginkan ketika anda memasangnya

Jika Anda masih bimbang diantara model-model printer yang anda bandingkan, misalnya sama-sama bagus, pertimbangkan garansi produsen dan harga printer. Semua faktor lainnya sama, pilih unit dengan garansi terbaik dan harga terendah.

Itulah tips-tips memilih printer yang bagus yang bisa saya berikan untuk anda pada kesempatan ini. Semoga ada manfaatnya....

1 komentar:

makasih infonya sangat membantu gan !!!! folow my blog ya gan...

Posting Komentar